Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi Cita Rasa Pedas Nikmat

Menjelang bulan puasa ini, pastikan anda sudah mengetahui menu masakan apa saja yang akan dihidangkan untuk keluarga. Pastinya akan terasa lebih menyenangkan apabila di bulan ramadhan ini anda menyuguhkan menu masakan yang istimewa, baik saat berbuka maupun sahur. Adapun salah satu inspirasinya ialah nasi tempong. Masakan spesial ini termasuk salah satu kuliner khas Banyuwangi yang memiliki cita rasa unik. Dengan resep nasi tempong khas Banyuwangi yang simple dan bahan yang mudah didapatkan, pastikan anda tak ragu untuk coba membuatnya.

banyuwangi.merdeka.com

Nasi tempong khas Banyuwangi sangat cocok untuk anda yang menyukai kuliner pedas. Sensasi rasa pedas dari nasi tempong sendiri berasal dari sambal terasinya. Tak hanya menawarkan cita rasa yang lezat dan sensasi rasa pedas sambal terasinya saja, nasi tempong ini juga terbukti menyehatkan. Pasalnya, nasi tempong khas Banyuwangi mengandung zat protein, karbohidrat, hingga serat yang melimpah. Bagi anda yang mulai penasaran tentang cara pembuatannya, anda simak saja ulasan berikut.

Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi

Pastikan anda menyimak dan mengikuti resep nasi tempong khas Banyuwangi yang kami bagikan di bawah ini secara teliti.

Baca Juga =>  Resep Minuman Beer Jawa Segar dan Sehat

Bahan

  • 50 gram tomat ranti
  • 50 gram ikan asin jambal
  • terasi bakar
  • 50 gram kacang panjang
  • 50 gram kol
  • 1 jeruk limau
  • 2 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit
  • 1 potong ayam yang sebelumnya sudah diungkep
  • 3 potong tahu dan tempe
  • dadar jagung
  • 1 terong
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

Langkah Pembuatan

  1. Anda bisa mulai membuat kuliner khas Banyuwangi ini dengan menggoreng tempe dan tahu yang sudah disiapkan. Setelah tempe dan tahu matang, angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu, buat sambal dengan memanfaatkan bahan berupa terasi, tomat, gula, bawang putih, bawang merah, dan garam. Supaya cita rasa sambal nasi tempong terasa khas, pastikan anda tak menghaluskannya dengan blender. Alangkah baiknya jika anda menghaluskannya secara manual dengan cobek. Saat sambal sudah jadi, anda bisa menambahkan perasan jeruk limau.
  3. Langkah selanjutnya, gorenglah daging ayam, potongan terong, dadar jagung dan ikan asin jambal. Saat sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya dan tiriskan.
  4. Untuk bahan kol dan kacang panjang, anda hanya perlu merebusnya saja. Pastikan anda memasukkan kedua bahan tersebut saat airnya sudah mendidih. Hal ini akan membuat kacang panjang dan kol tetap berwarna hijau segar saat matang nantinya.
  5. Langkah terakhir, anda bisa langsung sajikan semua masakan yang sudah matang di atas piring.
Baca Juga =>  Resep Ayam Woku Manado Menggugah Selera

Tips Penyajian

Sajian nasi tempong akan terasa semakin menggugah selera apabila anda menambahkan lalapan. Adapun bahan yang bisa anda jadikan sebagai lalapan pendamping nasi tempong yaitu toge rebus, irisan mentimun dan sayuran hijau rebus, seperti sawi dan daun ketela. Cita rasa nasi tempong khas Banyuwangi akan terasa semakin beragam berkat lalapan ini.

Lalapan yang disajikan untuk mendampingi nasi tempong khas Banyuwangi sebenarnya bisa dipilih sesuai selera anda. Bahkan jika di Pulau Dewata Bali, lalapan nasi tempong khas Banyuwangi lebih bervariasi. Selain bahan lalapan yang umum tersebut, nasi tempong juga dilengkapi dengan lalapan berupa terong rebus, kangkung rebus, kacang panjang rebus dan pete.

Seperti yang diketahui, popularitas nasi tempong khas Banyuwangi memang unggul. Berbagai wilayah di Indonesia sudah familiar dengan kuliner nasi tempong. Tak hanya di Pulau Jawa saja, melainkan sudah masuk ke Pulau Dewata Bali. Hanya saja, berbeda mengenai bahan lalapannya. Popularitas nasi tempong khas Banyuwangi tersebut sudah membuktikan bahwa cita rasa kuliner ini mampu memikat hati siapa saja. Maka dari itu, pastikan anda tak melewatkan resep nasi tempong khas Banyuwangi ini.