Resep Minuman Beer Jawa Segar dan Sehat

Anda jangan salah mengira dulu, kalau bir yang satu ini tidak bisa memabukkan. Karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah yang khas dan bisa menghangatkan tubuh. Beer jawa ini adalah jenis bir yang menyehatkan dan tidak memabukkan karena bir ini asli terbuat dari berbagai macam bahan rempah-rempah dan tanpa alkohol sepersenpun. Sebenarnya seperti apa resep minuman beer Jawa itu? dan bagaimana membuatnya? mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Bir Jawa adalah minuman khas kabupaten Kendal. Minuman jenis bir ini sangat cocok sekali disajikan kala kita sedang lelah atau kala musim hujan turun. Nah bagi anda yang suka dan semakin penasaran dengan minuman jenis bir ini anda tak perlu kawatir karena kami akan sajikan menu yang nikmat ini seperti resep minuman Beer Jawa yang nikmat.

Resep Minuman Beer Jawa Segar dan Sehat

Daftar Resep Minuman Beer Jawa Lengkap

Resep Bir Jawa ini juga dikreasikan di Kraton Yogyakarta, berawal dari Sri Sultan HB VIII melihat kebiasaan para tentara belanda yang gemar minum bir untuk menghangatkan badan mereka. Bir Jawa terbuat dari berbagai jenis macam rempah yaitu, kayu manis, jahe, bunga cengkeh, serutan kayu secang, daun serai, jeruk nipis, kapulaga, daun pandan, dan gula pasir atau gula batu. Semua bahan nanti direbus, dan jiks warnanya sudah kemerahan, ditambah air jeruk nipis, dan disaring sampai ampasnya tertinggal.

Baca Juga =>  Ni Dia Cara Membuat Kolak Singkong Takjil Manis

Bahan-bahan:

  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • Gula batu sesuai selera (atau bisa menggunakan gula pasir)
  • 1 btg daun serai untuk garnis
  • 3 bunga cengkeh
  • 5 cm kulit secang
  • 2 biji kapulaga
  • 5 cm kayu manis jangan
  • 300 ml air
  • 5 cm jahe, bakar dan memarkan

Langkah Cara membuatnya:

  1. Tahap awal didihkan air ke dalam panci hingga mendidih.
  2. Kemudian masukkan semua bahan rempah kecuali jeruk nipis dan gula. Dan tunggu hingga berwarna merah darah.
  3. Saat masih panas,dapat juga anda masukkan air rebusan tadi ke dalam gelas yang telah diberi gula batu juga air jeruk nipis.
  4. Lalu gunakan garnis batang serai sebagai pemanis.

Agar tampilanya menyerupai Bir sesungguhnya, sebelum disajikan minuman ini dikocok dulu agar menimbulkan buih, buih bir ini sanggup bertahan selama 5 jam lho. Rasa dari minuman ini sangat segar jika disajikan saat dingin, tapi juga nikmat saat hangat karena menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Sejarah Beer Jawa

Bir jawa adalah salah satu minuman tradisional Yogyakarta. Minuman ini sudah ada sejak Sri Sultan Hamengku Buwono VIII memerintah. Pada masa pemerintahannya (1921-1939), orang Belanda yang tinggal di Yogyakarta suka minum bir. Bir itu minuman beralkohol. Warnanya kuning dengan busa di atasnya. Orang Belanda dahulu minum bir tujuannya untuk menghangatkan badannya.

Baca Juga =>  Resep Wedang Bajigur Khas Jawa Barat Paling Nikmat

Berawal dari minuman itu kemudian Sultan Hamengku Buwono VIII memiliki ide untuk membuat minuman penghangat badan, tapi tidak beralkohol. Itulah bir jawa . Seperti kita ketahui, rempah-rempah merupakan bahan jamu yang punya khasiat alami mengobati berbagai penyakit. Tak heran bila kita minum bir jawa , badan akan terasa segar. Anak-anak tidak akan dilarang minum beer Jawa ini.

Memang, minuman ini cuma dijual pada restoran tertentu. Yaitu restoran yang menyajikan makanan tradisional Yogyakarta atau makanan khas keraton. Harganya pasti lebih mahal dari minuman yang dijual di tukang angkringan. Tetapi, selagi berkunjung ke Yogyakarta, menikmati minuman kesukaan raja-raja Yogyakarta.

Manfat Beer Jawa bagi Kesehatan

Disamping tidak menyebabkan mabuk, Beer Jawa memiliki khasiat yang baikuntuk tubuh. Dapat menghangatkan serta menjadi minuman kesehatan. Cengkihnya berkhasiat menghilangkan bau napas tak sedap. Sedangkan air jeruk nipis dianggap dapat mengobati tekanan darah tinggi dan melangsingkan tubuh.