Resep Kue Putu Tegal Makanan Khas Dari Tegal

Beraneka ragam kue tradisional telah dijadikan sebagai makanan ringan yang favrorit bagi para pecinta kuliner nusantara. Akan tetapi terdapat satu macam kue tradisional yang mempunyai banyak variasi dan juga berbagai macam jenis pada setiap daerah Salah satu resep kue tradisional yang sampai sekarang masih banyak disukai yaitu kue putu tegal. Untuk anda yang telah banyak mengenal kue tradisional khas Nusantara pastinya sudah mengetahui beberapa jenis kue putu yang ada atau pernah anda cicipi. Memang banyak jenis dari kue putu ini yang setiap kuenya punya ciri khas masing-masing mengikuti budaya lokal dari mana kue tradisional tersebut dibuat.

Resep Kue Putu Tegal

Resep Kue Putu Tegal Makanan Khas Dari Tegal

Untuk kue tradisional seperti kue putu tegal ini sekarang sudah jarang ditemui, jadi sebaiknya resep ini tetap dilestarikan. Kue putu tegal memang lain dengan kue putu yang lain, kue ini umumnya diberi tambahan pisang, entah itu di dalam maupun di atas kue tersebut. Kue putu tegal juga mempunyai perbedaan bentuk, sebab disesuaikan dengan selera dari pembuatnya. Ada yang bulat ditambah pisang di tengahnya seperti kue mata bagong. Kemudian ada yang kotak dan diberi pisang sebagai topping. Nah untuk anda yang belum pernah atau ingin mencoba rasa dari kue putu tegal ini, anda dapat mencobanya sendiri resep kue tradisional ini di rumah. Tak hanya untuk belajar memasak saja, tapi resep kue putu tegal ini juga bisa untuk menjaga kelestarian dari kue tradisional yang saat ini terbilang langka.

Baca Juga =>  Cara Bikin Kue Bikang Khas Jawa Timur

Bahan-bahan untuk bikin kue putu tegal

  • tepung ketan sebanyak 300 gram
  • garam secukupnya
  • air kapur sirih sebanyak 1 sdm
  • daun pisang untuk dijadikan alas
  • pisang raja sebanyak 6 buah
  • gula pasir kurang lebih 4 sdm
  • tepung kanji sebanyak 50 gram
  • vanili secukupnya
  • Siapkan santan sebanyak 350 ml
  • Daun pandan kurang lebih sebanyak tiga lembar
  • Siapkan kelapa seperlunya, lalu parut

Cara membuat putu tegal yang lembut

  1. Campurkan bahan bahan seperti tepung kanji, tepung ketan, vanili dan juga garam, bubuhkan dengan air kapur sirih. Setelah itu seduh bersama dengan santan mendidih sedikit-sedikit, diaduk terus menerus hingga tercampur dengan rata.
  2. Siapkanlah loyang yang yang ukurannya 22 x 22 cm, lalu alasi dengan menggunakan daun pisang, selanjutnya anda bisa lumuri dengan minyak.
  3. Simpan potongan daun pandan dalam semua dasarnya. Setelah itu adonan dimasukan ke dalamya.
  4. Ratakan paling tidak setebal satu cm. Lalu pisang diatur diatas adonan.
  5. Didihkan air di dalam dandang, tambahkan kue, kukus sampai matang. Angkat, setelah itu lepaskan kue dari loyang.
  6. Diamkan sampai keadaan dingin, potong dengan ukuran 5 x 5 cm. Anda bisa menaburi gula halus dan juga kelapa yang telah diparut. Setelah itu kue putu tegal siap untuk disajikan.
Baca Juga =>  Resep Kue Akar Kelapa Camilan Gurih Dan Renyah

Kue putu tegal ini memang merupakan kue basah yang khas dari kota tegal. Putu ini tak hanya memiliki citarasa yang sangat nikmat, akan tetapi kue putu tegal ini juga mempunyai tekstur yang begitu lembut dan empuk ketika digigit. Kuliner kue tradisional ini sangat diminati dan sangat digemari oleh banyak orang di berbagai kalangan. Mulai dari yang anak kecil, para remaja, hingga orang dewasa. Jenis kue tradisional ini juga sering dijadikan sebagai sajian sesudah makan sore, makan pagi, ataupun sesudah makan malam. Akan lebih enak lagi jika kue ini di nikmati pada saat sedang bersantai dan ditemani dengan satu gelas kopi, susu maupun teh.