Resep Kue Pukis Si Manis Yang Lembut

Kue Pukis juga sering disebut dengan Kue Pancong. Kue ini banyak diminati juga digemari seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Kue tradisional yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah memiliki tekstur yang lembut, wangi yang khas serta rasanya yang istimewa. Kue basah ini cocok menemani anda sebagai cemilan dan teman untuk kopi, teh, bahkan bisa dihidangkan untuk tamu. Lantas bagimana cara membuatnya? Mau tau resep kue pukis yang lengkap? Simak terus di bawah ini.

Kue pukis ini salah satu jenis kudapan yang dari Banyumas di Jawa Tengah. Sampai sekarang kue pukis telah menyebar ke berbagai daerah di Jakarta, Surabaya, bahkan juga ke seluruh nusantara. Masih ingat dong jajanan-jajanan yang ada di pinggir jalan? Umumnya kue ini dijumpai saat pagi atau sore hari sampai malam hari.

Resep Kue Pukis Si Manis Yang Lembut

Variasi Resep Kue Pukis

Kue pukis sendiri dibuat dengan adonan yang berasal dari tepung terigu, gula pasir, telur, santan, dan ragi. Dicampur jadi satu, diaduk dan dituangkan dalam cetakan pukis untuk selanjutnya dipanggang. Sekarang kue pukis ini sudah banyak dipadu dengan coklat, kacang, keju, meises, bahkan irisan daging.

Baca Juga =>  Resep Kue Apem Jawa Goreng Maknyus

Kue pukis juga biasa dijumpai di pasar tradisional juga warung aneka jajanan kue basah. Bila ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, kenapa tidak kita coba Resep Kue Pukis berikut ini:

Resep Kue Pukis Lezat

Di bawah ini adalah resep kue pukis yang bisa anda praktekkan di rumah. Bahan dan caranya tidak sulit kok. Jadi untuk anda yang masih pemulapun akan mudah membuatnya.

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 100 ml santan
  • 1 sendok makan ragi
  • Vanili secukupnya
  • Keju Cheddar secukupnya
  • Meises secukupnya

Langkah-langkah cara membuat kue pukis

  1. Pertamaa, siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan telur juga gula, lalu aduk sampai mengembang dengan mixer.  Rag instan, terigu dan santan dimasukkan sedikit Рsedikit sambil diaduk menggunakan mixer berkecepatan rendah agar tercampur rataa.
  2. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang dan berbuih.
  3. Selanjutnya, panaskan cetakan dan olesi permukaannya menggunakan margarin. Adonan dituang ke dalam cetakan, lalu tutup cetakan tersebut. Sebelum anda menuangkan adonan  dalam cetakan, aduk terlebih dahulu.
  4. Jikaaa pinggirannya sudah agak kering, taburi topping sesuai selera misalnya dengan keju cheddar dan meises coklat. Tutup lagi dan panggang sampai matang dengan api kecil. Agar mengetahui kue pukis matang atau belum, bisa anda pakai lidi yang ditusukkan di tengah kue. Bila tak ada adonan yang menempel itu tandanya sudah matang.
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.
Baca Juga =>  Cara Bikin Kue Wingko Babat Semarang

Asal Usul Kue Pukis

Setelah kita melihat resep kue pukis, maka sedikit kami akn berbagi asal usul kue Pukis yang manis ini.

Ternyata, kue yang punya banyak penggemar ini mempunyai nilai sejarah yang tidak boleh kamu lupakan. Kue yang bisa kamu jumpai sebagai jajanan pasar adalah makanan dari China yang bisa kamu nikmati saat ini.

Kisah ini bermula saat masa penjajahan, masyarakat Sampang Kebumen yang diculik penjajah saat itu. Penjajah mewajibkan mereka yang diculik untuk bekerja membuat kue pukis. Dulunya, resep kue pukis sendiri tidak pernah diceritakan kepada siapa pun. Tapi, entah mengapa seseorang di antara mereka ada yang mendapatkan bocoran tentang apa saja bahan yang digunakan untuk membuat pukis dan bagaimana cara pengerjaannya.

Akhirnya, seseorang tersebut mengetahui semua tentang pembuatan pukis. Dia langsung mempraktikkan membuat pukis sendiri. Hasilnya, kue pukis ini jadi primadona dan terkenal sampai seluruh Indonesia.