Resep Dendeng Batokok Khas Padang Rasanya Nendang

Anda mungkin sudah pernah mendengar yang namanya dendeng. Olahan daging sapi ini memang sangat tenar sebagai salah satu makanan khas dari Sumatera Barat. Ada dua macam olahan dendeng yang namanya sudah mendunia. Yaitu dendeng balado dan juga dendeng batokok. Walaupun sama-sama dendeng yang membedakannya yaitu cara pengolahan dagingnya. Resep dendeng batokok dalam bahasa Minang itu artinya dipukul. Jadi secara umum, daging yang akan dimasak tentunya sudah melewati tahap dipukul-pukul atau digetok.

Dendeng Batokok sendiri sangat nikmat untuk disajikan sebagai lauk dan teman makan nasi. Pada beberapa rumah makan Padang juga ada yang menyuguhkan olahan daging ini. Bila anda bosan makan daging rendang, maka anda bisa mencoba alternatif masakan daging sapi seperti dendeng batokok ini. Lalu seperti apa resep dendeng batokok itu?

Resep Dendeng Batokok Khas Padang Rasanya Nendang

Sumber: selerasa.com

 

Resep Dendeng Batokok Asli Padang

Sebelum kita mengupas tuntas tentang bagaimana cara membuat dendeng batokok. Maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana memproses daging sapi supaya dapat empuk dan bumbunya meresap. Kemudian yang kedua hal penting yang harus diperhatikan adalah sambalado yang dibalurkan diatas daging sapi. Supaya rasanya semakin gurih dan makin nendang.

Baca Juga =>  Cara Memasak Soto Babat Betawi Daging Sapi

Karena sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan, sajian dendeng batokok asli Padang ini juga bisa menjadi salah satu menu alternatif untuk buka puasa atau sahur. Anda bisa menyajikan dendeng batokok untuk keluarga tercinta.

Bahan

  • 1 Kg daging sapi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air

Bumbu

  • Tomat secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam 1 sendok the
  • Cuka,
  • Siapkan cabai merah keriting, atau cabe besar sebanyak 20 buah bisa disesuaikan dengan selera
  • Bawang merah 15 buah, bawang putih 8 buah
  • Merica dan lada secukupnya

Campur semua bahan-bahan

Bahna-bahan seperti merica atau lada bubuk, air untuk merendam daging, garam, 8 bawang putih yang telah ditumbuk atau dihaluskan, beserta 6 buah jeruk nipis peras. Semuanya dicampur jadi satu.

Tahapan Memasak Dendeng Batokok

  1. Rebus daging dengan api kecil hingga teksturnya menjadi lembut, setelah itu angkat dan tiriskan. Air sisa rendaman jangan dibuang.
  2. Iris tipis daging yang tadi sudah direbus, lalu pukul-pukul memakai alat pemukul daging, bisa juga menggunakan benda keras yang lainnya.
  3. Masukkan daging yang telah pipih ke dalam campuran bahan-bahan yang tadi telah di buat sebelumnya hingga bumbu rendaman meresap.
  4. Angkat dan biasanya Anda bisa menjemur daging ini hingga kering di terik matahari, atau bisa dengan dipanggang dengan oven, atau boleh juga langsung digoreng dalam minyak panas hingga daging benar-benar kering.
  5. Selesai
Baca Juga =>  Cara Memasak Bakso Sapi Kuah Spesial

Cara Membuat Sambal Lado

Setelah daging dendeng batokoknya siap, sekarang tinggal tahap selanjutnya. Yaitu membuat sambal lado sebagai salah satu cita rasa khas sebuah olahan dendeng.

  1. Tumbuk kasar bawang merah, bawang putih yang telah disiapkan di atas, campurkan juga dengan cabe dan tomat.
  2. Langsung tumis hasil tumbukan kasar tersebut di minyak goreng dan campurkan juga garam, merica dan cuka secukupnya hingga mengeluargkan bau harum pertanda tumisan matang.
  3. Selesai

Cara penyajian

Untuk cara penyajian dendeng batokok ini, anda cukup menuangkan hasil tumisan tadi ke atas dendeng kering yang sudah anda buat tadi. Setelah itu, dendeng siap disajikan untuk disantap dengan dilengkapi nasi hangat bersama keluarga, selamat mencoba.

Setelah mengetahui resep dendeng batokok dan juga cara membuatnya secara lengkap. Anda sekarang bisa mencoba mempraktekkannya di rumah sajikan dendeng batokok khas Padang untuk keluarga tercinta. Jadikan menu makan anda bersama keluarga tercinta semakin berselera.