Resep Cumi Cumi Masak Hitam Paling Lezat dan Bikin Ketagihan

Cumi hitam merupakan makanan yang banyak digemari pecinta kuliner seafood. Olahan Cumi yang dimasak menggunakan bumbu hitam alami ini punya ciri khas tersendiri yaitu dengan warna hitam pekat. Warna hitam ini alami dari cumi-cumi segar yang mengandung tinta hitam. Meskipun warnanya hitam tapi rasanya sedap dan nikmat dimulut saat dinikmati. Anda bisa mencoba resep berbahan dasar cumi-cumi ini . Hewan laut yang memiliki tekstur kenyal ini memang menggoda selera. Selain itu untuk mendapatkannya juga sangat mudah, sebab sudah banyak tersedia di pasaran.

Resep Cumi Cumi Masak Hitam

Resep Cumi Cumi Masak Hitam Paling Lezat dan Bikin Ketagihan

Bahan:

– 500 gram cumi-cumi segar yang ukurannya kecil
– 1/2 sendok makan garam
– 2 sendok makan air asam jawa
– 200 ml air, apabila anda ingin tumisan yang sedikit berkuah

Bumbu:

– 2 sendok makan minyak goreng
– 6 siung bawang merah, iris tipis
– 4 siung bawang putih, cincang halus
– 3 buah cabai hijau keriting, iris dengan kasar
– 10 buah cabai rawit merah, cincang kasar
– 2 cm jahe, yang telah dimemarkan
– 3 cm lengkuas yang sudah di memarkan
– 3 lembar daun salam
– 1 sendok makan saus tiram
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan gula merah yang telah disisir halus
– 2 sendok teh garam
– 2 buah tomat merah, potong dadu
– 3 buah tomat hijau, potong dadu
– 1 sendok makan air asam jawa

Baca Juga =>  Resep Cumi Asam Manis Pedas

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yaitu anda sebaiknya menyiapkan cumi-cumi, lepaskan kepalanya dengan hati-hati supaya kantung tintanya tidak pecah. Bagian insang plastiknya sebaiknya dibuang.
  2. Lalu hilangkan mulut cumi-cumi yang berada di ujung kepala, caranya dengan memencet kepalanya menggunakan dua jemari tangan. Buang kotoran yang ada di kantung cumi-cumi. Biarkan bagian kulitnya.
  3. Untuk masakan yang berwarna hitam, pakailah semua kantung tinta. Kurangi jumlah kantung apabila ingin masakan yang tidak begitu gelap.
  4. Masukkan cumi-cumi pada mangkuk, tambahkan garam serta air asam jawa, lalu aduk rata. Diamkan dalam waktu 20 menit. Cuci bersih kemudian potong-potong sesuai selera, bisa juga dibiarkan utuh.
  5. Siapkan wajan untuk memanaskan minyak. Tumis bawang merah sampai layu, masukkan bawang putih, tumis sampai harum. Tambahkan cabai, jahe, lengkuas, salam, saus tiram, kecap manis, dan gula merah, aduk lalu tumis sebentar.
  6. Masukkan cumi-cumi, aduk lalu masak hingga cumi-cumi berubah warnanya menjadi pucat dan matang. Setelah itu tambahkan garam, tomat dan air asam jawa. Selanjutnya aduk rata dan masak dalam waktu 1 menit.
  7. Cumi-cumi nantinya akan mengeluarkan banyak air ketika dimasak, apabila kuah kurang anda bisa tambahkan kurang lebih 200 ml air panas. Sajikan bersama nasi hangat.
Baca Juga =>  Resep Udang Asam Manis Pedas Paling Praktis

Tinta cumi-cumi ternyata juga biasa digunakan didalam masakan Italia dan Spanyol, dan juga sering dipakai untuk kuliner Asia Tenggara. Tinta cumi-cumi dapat digunakan sebagai saus didalam masakan, seperti risotto. Dengan ditambahkannya tinta cumi-cumi bisa memberikan warna hitam mengkilap dan juga bisa memberikan rasa yang lebih kuat. Cara penggunaan lainnya yaitu dengan mencampurkan tinta cumi-cumi dbersama engan tepung. Misalnya seperti pada pasta, ini bisa menjadikan warna-warni cerah sayuran menjadi terlihat semakin mencolok diantara pasta yang warna hitam gelap.

Aneka masakan lainnya juga dibuat dengan menambahkan tinta hewan laut yang bernama cumi cumi ini. Seperti yang bisa anda jumpai di Indonesia ini seperti nasi goreng, mi, pasta, burger, menjadi kuliner yang cukup diburu para pecinta kuliner cumi-cumi. Meskipun hitam tapi rasanya bisa bikin anda ketagihan dan ingin terus memakannya. Karena cara memasaknya mudah, anda bisa mencoba memasaknya dirumah anda.