Resep Bubur Candil Ubi Ungu Untuk Buka Puasa

Resep bubur candil ubi ungu atau yang sering dikenal dengan kolak biji salak ini merupakan salah satu kudapan yang sangat populer khususnya di bulan puasa. Tetapi kudapan ini bukan hanya segar disajikan ketika bulan puasa saja. Karena bubur candil umumnya dijajakan sebagai salah satu jajanan di pagi atau sore hari saat menjelang malam.

Bubur candil ubi ungu memang mempunyai cita rasa yang lezat dengan dominasi rasa manis dipadu dengan gurihnya saus santan. Sedangkan untuk candil nya sendiri mempunyai tekstur kenyal dan terasa gurih. Hal ini karena bahan utamanya banyak mengandung pati. Sehingga bubur candil termasuk ke dalam jenis makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi dan mengenyangkan. Ingin tahu seperti apa resep bubur candil ubi ungu? Berikut resep lengkapnya untuk anda.

Resep Bubur Candil Ubi Ungu

Sajian resep kali ini kita akan mencoba membuat bubur candil yang menggunakan bahan dasar berupa ubi ungu. Cara membuatnya sangat sederhana, cukup mudah dan praktis. Dengan begitu, anda bisa melakukannya sembari mengisi waktu luang dan menunggu waktu buka puasa tiba.

Baca Juga =>  Resep Minuman Beer Jawa Segar dan Sehat

Seperti yang kita tahu, ubi ungu punya rasa yang enak dengan tekstur empuk. Disamping itu, warnanya yang ungu cerah membuat penganan yang berbahan dasar ubi ungu ini memiliki warna yang sangat cantik. Sementara itu, untuk proses pembuatannya sendiri kita bisa membentuk ubi ungu menjadi bulatan kecil menyerupai tapioka. Atau bisa juga menggunakan tepung sagu untuk mengikat bahan ubi supaya tidak hancur ketika terkena kuah.

BAHAN:

  • 2.000 g ubi ungu, dikukus, kupas lalu dihaluskan
  • 4 sdm gula pasir
  • 600 gram tepung sagu
  • 2 sdt garam

Bahan kuah:

  • 6.000 ml santan kelapa yang diambil dari 4 butir kelapa
  • 200 g buah nangka, potong bentuk memanjang
  • 900 g gula pasir
  • daun pandan 12 lembar
  • 2 sdt garam
  • 8 sdm sagu, dilarutkan menggunakan 8 sendok makan air

Cara Membuat Candil Ubi Ungu

1. Pertama yang harus anda lakukan adalah mencampur ubi, gula pasir, tepung sagu, dan garam menjadi satu. Kemudian diuleni sampai rata. Lalu ambil sedikit adonan, kemudian pulung memanjang di meja yang telah ditaburi dengan sedikit tepung sagu.

Baca Juga =>  Resep Es Selendang Mayang Segar Khas Betawi

2. Potong adonan yang telah dipulung dengan ukuran 1 x 2 1/2 cm. Rebus hingga matang dan terapung. Lalu sisihkan.

3. Rebus kuah santan, air, garam, gula pasir, dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih. Tambah dengan potongan buah nangka. Aduk hingga rata.

4. Masukkan ubi yang sudah dipotong tadi ke dalamnya lalu aduk sampai rata.  Terakhir tambahkan dengan larutan tepung sagu. Aduklah sampai meletup-letup dan bubur candil siap diangkat.

Tips Agar Bubur Candil Sempurna

Sedikit tips dalam membuat bubur candil ubi ungu supaya mendapatkan hasil yang maksimal serta mempunyai penampilan yang cantik. Tips nya adalah ketika merebus candil tidak dilakukan bersamaan. Paling tidak dimasukkan sedikit sedikit supaya candil tidak menumpuk dan menempel satu sama lain. Bila dimasukkan sedikit-sedikit, maka permukaan candil yang lebih dulu dimasukkan akan cukup padat. Sehingga saat ditimpa dengan candil baru diatasnya, maka tidak akan saling menempel.

Sebenarnya cukup mudah bukan resep bubur candil ubi ungu ini? Hidangan ini bisa dijadikan sebagai sajian buka puasa atau kudapan ketika musim hujan tiba. Selain itu bubur candil ubi ungu ini juga pas untuk dinikmati ketika panas dengan ditambahkan es batu. Ini bisa menjadi salah satu resep hidangan buka puasa yang bisa anda coba. Karena saat bulan puasa jajanan yang satu ini memang selalu ludes diserbu pembeli.