Resep Ayam Lodho Lezat Asli Tulungagung

Ayam memang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan khas. Ada begitu banyak masakan yang bisa dibuat dengan bahan dasar berupa daging ayam. Setiap daerah memiliki cara khas tersendiri untuk memasak ayam. Ada yang dibuat ayam bakar, laksa ayam, ayam bumbu bacem dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan ke Tulungagung, Jawa timur untuk mengenal resep ayam lodho yang lezat ini. Jadi anda simak terus ya ulasan ini.

Keunikan yang disajikan dari olahan ayam khas dari jawa Timur ini adalah terletak pada kuah santan yang kental. Mempunyai cita rasa yang gurih dan enak dengan aksen pedas dari cabai ditambah dengan aroma ayam yang dibakar dan berbau wangi. Dinikmati dengan nasi uduk hangat adalah cara yang tepat menyantap ayam Lodho ini.

Resep Ayam Lodho Lezat Asli Tulungagung

Resep Ayam Lodho Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Ayam lodho adalah sebuah masakan yang tak hanya enak, namun masakan ini bisa dibilang super lezat serta nikmat. Apalagi, jika ayam lodho dimakan bersama dengan nasi uduk serta urap sayur. Kali ini, kami akan memberikan resep ayam lodho khas Tulungagung, Jawa Timur. Mempunyai cita rasa unik, menjadikan ayam lodho khas Tulungagung disebut sebut sebagai ayam lodho juara. Dan berikut adalah bahan yang perlu Anda siapkan serta cara untuk membuat masakan super lezat satu ini.

Baca Juga =>  Resep Ayam Penyet Khas Surabaya Paling Menggugah Selera

Bahan:
1 ekor ayam kampung
1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 250 ml santan kental dan 500 ml santan encer
Haluskan:
10 butir bawang merah
10 siung bawang putih
3 (5 cm)ruas jari kunyit
2 (4 cm) ruas jari jahe
1 (2 cm) ruas jari kencur
2 cabai merah keriting, rebus
2 sdt garam
Bumbu Kasar:
1 sdm merica butiran, tumbuk kasar
1 sdm ketumbar, tumbuk kasar
1 sdt jintan
100 g cabai rawit
1 jempol (3 cm) lengkuas, iris kasar
3 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam

Cara membuat Ayam Lodho

  • Belah ayam dari bagian dada depan ke bawah, lalu bentangkan ayam hingga terbuka lebar.
  • Daging ayam dilumuri garam lalu dibakar dengan bara api sampai setengah matang.
  • Tumis semua bumbu kasar sampai harum.
  • Bumbu halusdimasukkan , aduk sampai matang.
  • Kemudian masukkan santan encer ke tumisan. Lalu didihkan.
  • Ayam bakar dimasukkan ke dalam wajan, tambahkan dengan serai, daun salam, dan daun jeruk purut.
  • Lanjutkan memasak menggunakan api kecil hingga mendidih.
  • Tambah santan kental. Masaklah sampai kuahnya benar- benar menjadi sangat kental (dalam bahasa Jawa disebut: mblondho).
  • Ayam Lodho ini lebih baik disimpan semalam, lalu baru dipanaskan lagi keesokan hari dan segera disantap bersama nasi gurih dan urap sayur.
Baca Juga =>  Resep Ayam Angkak Sawi Asin Sederhana dan Nikmat

Khasnya masakan Ayam Lodho

Yang pasti, Ayam Lodho adalah ayam kampung bakar/panggang yang di masak lagi dalam santan dengan bumbu mirip kari pedas. Karena di masak sangat lama dengan api kecil-biasanya dengan kayu, bukan arang ataupun kompor gas, santanya yang kental dan kering. Waktu dan proses memasak lama supaya bumbunya meresap istilahnya di sebut kothok. Sehingga akan menghasilkan daging ayam yang empuk dengan bumbu meresap. Cara memasak Ayam Lodho menggunakan tungku kayu bisa menghasilkan aroma khas asap yang lezat pada masakan tersebut.

Lamanya waktu untuk memasak masakan Ayam Lodho ini menjadikan masakan ini biasanya diinapkan semalam sebelum akhirnya disantap keesokan harinya. Proses ini akan menjadikan santan kental mengalami fermentasi ringan, sehingga hal ini akan meningkatkan kelezatan citarasanya. Rasa utama yang menonjol adalah gurih dan pedas.