Resep Nasi Goreng Seafood Menu Sahur Istimewa

Tinggal berapa bulan lagi kita sudah memasuki bulan ramadhan. Seperti biasanya, saat bulan ramadhan tentu kita selalu melaksanakan aktivitas sahur di pagi hari. Menu sahur dalam puasa ramadhan biasanya adalah menu yang praktis, mudah dibuat dan punya kandungan nutrisi lengkap. Masakan untuk menu sahur yang cepat dan ekonomis bisa membuat sahur anda semakin nikmat. Bagi anda para ibu rumah tangga, kini ada menu nasi goreng seafood yang bisa menjadi alternatif untuk menu sahur keluarga tercinta.

Resep nasi goreng seafood merupakan salah satu menu makan sahur yang praktis. Mengingat waktu sahur adalah jam pendek, sehingga penyajian menu makanan sahur dengan praktis dan cepat menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga. Salah satunya adalah nasi goreng. Dengan campuran dan tambahan pelengkap berupa seafood akan semakin melengkapi nutrisi makan sahur anda. Sehingga saat anda menjalankan ibadah puasa akan tetap bersemangat.

Resep Nasi Goreng Seafood

Salah satu sajian menu sahur yang bisa menggugah selera anda tetapi mempunyai kandungan nutrisi yang banyak bagi tubuh adalah nasi goreng dengan tambahan seafood. Nasi goreng jenis ini adalah olahan nasi goreng yang seperti pada umumnya. Namun ada penambahan berbagai macam seafood seperti ikan, udang atau cumi. Untuk menambah cita rasa nikmat dan melengkapi nilai nutrisi dari sajian tersebut.

Baca Juga =>  Resep Bubur Ayam Kampung Paling Nikmat dan Mudah Dibuat

Bagi anda yang penasaran dengan resep nasi goreng dengan seafood ini, maka kami akan bagikan resep serta cara membuatnya yang cepat dan praktis untuk anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan Utama

  • Nasi putih 700 gr
  • Margarin 3 sdm
  • Udang kecil kupas 100 gr
  • Cumi, kupas kulit arinya, potong bulat 100 gr,
  • Bakso ikan, potong 4 butir
  • Saus tiram 1 sdm
  • Kecap asin 1 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Lada 1/2 sdt
  • Minyak wijen 1 sdt
  • Daun bawang, potong 1/2 cm 2 tangkai
  • Telur, kocok lepas 2 butir,
  • Bawang putih, cincang 4 siung

Cara Membuat

  1. Nyalakan kompor. Panaskan wajan beri Blue Band, tumis bawang putih sampai harum kemudian tambah cumi dan udang. Tumis sampai warnanya berubah. Lalu tambahkan bakso ikan dan telur, masak hingga telur berbulir dan matang.
  2. Tambahkan saus tiram, lada, kecap asin garam dan daun bawang.
  3. Aduk hingga matang
  4. Sajikan dengan toping timun dan tomat diatasnya

Tips Agar Nasi Goreng Tidak Lengket dan Menggumpal

Ada beberapa tips rahasia agar nasi goreng yang anda buat itu tidak lengket dan juga tidak amis. Karena nasi goreng yang enak itu adalah nasi goreng yang memiliki tekstur pera. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama jangan menggunakan beras pulen. Karena beras pulen sebenarnya tidak cocok untuk dibuat nasi goreng. Untuk membuat nasi goreng, penggunaan beras pera merupakan yang paling tepat. Sebab beras pera tidak menggumpal ketika dibuat nasi goreng.

Baca Juga =>  Resep Nasi Uduk Sederhana

Jangan pakai nasi panas. Sebaiknya saat membuat nasi goreng menggunakan nasi yang sudah dingin. Jika nasi diambil dari rice cooker, tunggu hingga uap panasnya hilang. Nasi yang dingin nantinya tidak akan menjadikan nasi goreng menggumpal. Serta lebih dapat menyerap bumbu jika dibandingkan dengan nasi yang masih panas. Anda juga bisa menggunakan nasi kemarin untuk membuat nasi goreng. Tetapi nasi goreng harus segera dimakan selagi hangat.

Selain itu, agar nasi goreng seafood tidak amis, anda bisa menumis seafood terlebih dahulu secara terpisah. Tumis seafood hingga aromanya harum dan berubah warna menjadi kuning. Lalu sisihkan seafood yang telah ditumis dalam wadah. Tujuannya supaya seafood khususnya cumi-cumi tidak menjadi keras.