Cara Membuat Putu Mayang Manisnya Bikin Lidah Bergoyang

Indonesia memang kaya dengan berbagai macam kuliner tradisional. Berbagai bahan olahan alami dari alam bisa diterjemahkan menjadi beragam hidangan kuliner yang manis dan lezat. Seperti salah satu contoh olahan khas dari betawi ini, yaitu kue putu mayang. Cara membuat putu mayang menggunakan bahan baku berupa tepung beras, gula merah dan santan kelapa.

Olahan ini bisa dibentuk menjadi salah satu makanan unik berwarna warni yang manis dan lezat. Bahkan saat bulan Ramadhan tiba, maka kue putu mayang ini bisa menjadi santapan istimewa untuk berbuka puasa. Bagi anda yang penasaran seperti apa cara membuat putu mayang. Maka pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan resep dan cara membuatnya untuk anda.

Cara Membuat Putu Mayang Manisnya Bikin Lidah Bergoyang

womantalk.com

Cara Membuat Putu Mayang Istimewa

Kue putu sudah menyebar di berbagai macam daerah yang ada di tanah air. Masyarakat melayu dan juga jawa sudah mengenal bentuk dan jenis dari kue putu yang beragam. Tetapi umumnya kue ini dibuat menggunakan bahan baku beras yang dicampur dengan santan dan juga gula merah.

Baca Juga =>  Resep Kue Akar Kelapa Camilan Gurih Dan Renyah

Untuk masyarakat betawi, kue putu lalu dibuat menjadi lebih unik menyerupai gulungan mie yang bulat seperti bunga dengan tampilan yang berwarna-warni. Umumnya putu mayang disantap menggunakan saus manis dari gula merah atau putih. Supaya menunya menjadi lebih wangi dan rasanya alami. Maka masyarakat betawi sering mencampurkan kukusan saus kue dengan ditambah daun pandan.

Walaupun sudah jarang ditemui, kue putu mayang tetap masih dapat dinikmati pada berbagai macam festival kebudayaan kuliner. Atau pagelaran budaya serta kuliner betawi. Bagi anda yang penasaran bisa mencoba membuatnya di rumah. Karena dibawah ini kami sampaikan resep lengkapnya untuk anda.

Bahan-Bahan

  • 150 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu
  • 300 ml santan
  • 1/4 sdt garam
  • pewarna secukupnya

Bahan Kuah

  • 200 gram gula jawa
  • 1 sdm gula pasir
  • 500 ml santan kelapa
  • sejumput garam

Cara Membuat

1. Pertama anda harus mencampur tepung beras, santan dan garam. Aduk hingga tidak ada gumpalannya.
2. Selanjutnya masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga tidak ada yang bergerindil dan semuanya halus.
3. Masukkan tepung sagu yang sudah disiapkan, campur rata kemudian bagi menjadi beberapa adonan sesuai dengan pewarna yang diinginkan.
4. Cetak adonan menggunakan cetakan putu mayang atau bisa juga menggunakan plastik segitiga yang telah dilubangi. Bentuk putu mayang di atas daun pisang yang telah diolesi dengan minyak goreng, lanjut kukus sekitar 15 menit.
5. Untuk kuahnya, campur bahan kuah hingga larut, didihkan di atas kompor api kecil dan terus diaduk.
6. Sajikan putu mayang bersama siraman kuah santan dan gula jawa.

Baca Juga =>  Resep Kue Apem Jawa Goreng Maknyus

Tips Agar Putu Mayang Kenyal

Ada tips khusus membuat putu mayang supaya putu mayang bisa kenyal dan tidak kering. Tips yang pertama, ketika di kukus tutup pengukus dapat dibuka buka beberapa kali supaya kuenya tidak melebar. Selanjutnya ketika mencetak kue, maka adonan yang belum dicetak sebaiknya ditutup dengan lap basah supaya tidak kering. Dan ketika kue putu mayang matang kue juga harus ditutup menggunakan daun atau plastik supaya kue tidak kering dan masih tetap empuk dan kenyal.

Variasi tampilan putu mayang kadang dibuat berwarna-warni jadi memang semakin menggugah selera bagi anda yang ingin menyantapnya. Setelah mengetahui seperti apa cara membuat putu mayang manis yang bisa bikin lidah anda bergoyang karena kenikmatannya. Maka sekaranglah saatnya bagi anda untuk mempraktekkannya di rumah.