Cara Membuat Geblek Khas Kulonprogo

Makanan khas memang asyik untuk dikreasikan. Makaanan ringan khas Kulonprogo ini bisa jadi camilan yang nikmat untuk anda coba buat di rumah. Bahkan bagi anda yang sedang merantau keluar daerah Purworejo maupun Kulonprogo, cara membuat geblek ini bisa menjadi obat rindu akan kampung halaman.

Makanan yang satu ini meskipun makanan tradsional daerah kulon progro atau jogjakarta telah menggemparkan daerah itu karena makanan ini sudah sampai keluar negeri. Jadi masalah rasa sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Cara Membuat Geblek Khas Kulonprogo

Resep Mudah Cara Membuat Geblek

Sebenarnya wujud dari geblek ini hampir sama seperti cireng makanan tradisonal Jawa Barat. Yang membedakan hanya komposisinya. Geblek disenangi karena enak, gurih dan kenyal, terutama kalau dimakan dalam keadaan hangat. Membuat orang sulit berhenti mengunyah. Setelah dingin, terkadang geblek agak mengeras dan menjadi alot ketika dimakan. Bisa jadi itu sebabnya ada yang menganggap makan geblek sebagai salah satu bentuk olah raga mulut.

Nah, berikut ini adalah resep dan cara membuat geblek yang dijamin gurih nan lezat. Ini cocok sekali buat anda yang belum pernah merasakan bagimana geblek itu dan sekarang membuat sendiri.

Baca Juga =>  Cara Membuat Singkong Thailand Yang Empuk dan Nikmat

Pertama, kita harus tahu bahan apa yg digunakan. Bahan pokok dalam pembuatan geblek itu adalah Pathi biasa disebut tepung kanji atau tepung tapioka. Pathi dibuat dari singkong. Nah, jadi pertama- tama kita akan membuat Pathi terlebih dahulu. Jika tak mau repot, Pathi bisa dibeli di pasar. Untuk hasil yang lebih baik, maka gunakan saja Pathi basah, bukan yang bubuk.

Bahan untuk membuat Geblek

  • 0,5 kilo gram Tepung kanji.
  • 2 ons kelapa parut.
  • 5-8 siung bawang putih.
  • 1/2 sendok makan Ketumbar.
  • Garam secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Air secukupnya untuk adonan.
  • 2 liter Air digunakan untuk merebus adonan.

Langkah atau Cara Membuat Geblek

  1. Giling semua bumbu yang sudah siapkan.
  2. Rebus 2 litel air sampai mendidih.
  3. Campurkan tepung kanji dan parutan kelapa kedalam air mendidih.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit tapi jangan sampai terlalu lembek.
  5. Setelah itu bagi adonan menjadi 3 bagian, bentuk adonan menjadi bulat. lalu masukkan adonan ke dalam air mendidih kurang lebih sekitar 3 menit lalu angkat.
  6. Letakkan adonan pada nampan atau tampah. potong-potong mengunakan pisau hingga terurai semua. tunggu sebentar hingga panas sedikit berkurang.
  7. Uleni adonan hingga bagian yang masak dan bagian tengah yang masih mentah tercampur rata. Uleni terus sampai tepung kanji tidak ada yang lengket di nampan atau tampah.
  8. Bagi kembali adonan menjadi 3 bagian, bentuk adonan menjadi selinder dengan diameter kira-kira 10 cm.
  9. Kemudian potong adonan menjadi kecil panjang dengan ukuran kira kira  2-3 cm.
  10. Pelintir lagi dan buat selinder kecil bagian kecil hingga seukuran ibu jari.
  11. Lalu bentuk menjadi angka 8. terserah selera anda
  12. Tahap terakhir menggoreng hingga kering.
  13. Lalu siap disajikan dengan minuman hangat
Baca Juga =>  Cara Membuat Cireng Isi Bandung Sederhana dan Lezat

Nimatnya Geblek Khas Kulonprogo

Makanan ringan bernama Geblek ini enak sekali disantap kettika masih hangat.Dipadukan dengan teh hangat makin mantap. Sebab saat masih hangat akan terasa krisp. Tetapi kalau sudah dingin akan menjadi lembek karena bahan dasar pembuatan geblek ini adalah tepung tapioka atau kanji.

Itulah cara membuat geblek khas Kulonprogo yang bisa anda praktekkan di rumah. Bagian tersulitnya hanyalah saat menyiapkan patinya. Terutama bila harus membuat sendiri dari singkong. Jika sudah memiliki pati siap masak, prosesnya hanya sebentar saja.