Cara Membuat Es Oyen Segar Untuk Buka Puasa

Saat siang hari, ketika cuaca sedang panas-panasnya tentunya kita butuh suatu minuman yang menyegarkan, namanya adalah Es Oyen. Selain cocok dinikmati ketika siang hari, Es Oyen ini biasanya juga bisa disajikan sebagai menu khas pembuka puasa saat bulan Ramadhan. Karena berbagai macam isian yang ada dalam es tersebut membuat buka puasa menjadi lebih segar. Untuk bisa menikmati segarnya Es Oyen ini sebenarnya anda tidak perlu membelinya. Karena cara membuat Es Oyen sendiri sebenarnya tidak sulit.

Jika anda masih penasaran seperti apa cara membuat Es Oyen ini. Maka kali ini akan bagikan resep Es Oyen dengan berbagai macam isian yang bisa anda coba buat di rumah. Jadi anda bisa menghidangkannya saat buka puasa atau saat cuaca sedang terik.

Craftlog.com

Resep dan Cara Membuat Es Oyen

Es Oyen sendiri tergolong sebagai sebuah minuman dengan rasa yang khas dan unik. Minuman ini berbeda jika dibandingkan dengan es buah campur pada umumnya. Rasanya manis dan memiliki kesegaran yang pas. Rasa yang nikmat diperoleh dari potongan buah nangka, kolang-kaling, alpukat, kelapa muda, pacar cina, es serut susu kental manis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga =>  Resep Es Selendang Mayang Segar Khas Betawi

Saat ini ada bahan tambahan yang sering ditemui dalam Es Oyen yaitu buah durian. Durian ini terkenal dengan wanginya yang khas. Tekstur buah lembut dan manis membuat nya lumer di mulut. Tentunya ini pas sekali jika dipadukan dengan Es Oyen yang menyegarkan.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat Es Oyen sendiri di rumah, dibawah ini kami bagikan resepnya untuk anda:

Bahan yang Dibutuhkan

  • Alpukat 500 gram di keruk dagingnya
  • 10 buah nangka kuning dipotong memanjang atau potong kecil-kecil
  • Sagu mutiara secukupnya
  • Aneka jelly sesuai selera potong kecil-kecil
  • 1 butir kelapa muda diambil daging dan airnya
  • Susu kental manis secukupnya es batu
  • Santan secukupnya
  • Simpel sirup yang terbuat dari 250 gram gula pasir yang telah dicairkan
  • Tambahkan pula jagung manis rebus bila anda suka.

Cara Membuat Es Oyen Khas Bandung

  1. Proses pembuatannya sangat mudah siapkan semua bahan yang nantinya akan dipakai
  2. Selanjutnya tata di atas mangkok saji buah nangka, alpukat, daging kelapa muda dan juga airnya.
  3. Kemudian diberi jelly warna warni dan beberapa sendok simple sirup.
  4. Bberi es batu secukupnya dan santan, kemudian ditaburi dengan mutiara yang tadi sudah direbus.
  5. Tidak lupa pula ditambah dengan susu kental manis
  6. Es Oyen khas Bandung siap hidangkan dan dinikmati selagi dingin.
Baca Juga =>  Cara Membuat Es Kepal Milo Segar Untuk Buka Puasa

Bagaimana cukup mudah bukan membuat Es Oyen khas Bandung sendiri di rumah. Jika anda ingin menambahkan rasa yang spesial ada bisa menambah beberapa biji buah durian dan juga taburan jagung manis rebus.

Tips Agar Es Oyen Nikmat dan Segar

Setelah anda membaca bagaimana cara untuk membuat Es Oyen yang sudah disampaikan di atas tadi memang sekilas tampak cukup mudah. Tetapi terkadang sering jadi kurang nikmat dan segar. Salah satu masalah yang menjadikan anda saat membuat Es Oyen gagal umumnya terjadi ketika proses memasak santan. Untuk itu, agar bisa mengatasi hal tersebut ada beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Sebaiknya anda gunakan santan segar dan berkualitas baik. Selain itu, jangan masak santan dalam waktu yang terlalu lama. Variasikan pula buah-buahan segar yang akan dimasukkan. Jika semuanya sudah anda terapkan dalam cara membuat Es Oyen ini, maka anda bisa menyuguhkan Es Oyen yang segar dan memiliki rasa yang nikmat saat berbuka puasa.