Cara Membuat Es Goyobod Khas Bandung

Es goyobod adalah salah satu minuman tradisional khas Sunda yang konon katanya berasal dari daerah Garut. Kita bisa menemuinya di daerah Bandung dan wilayah Jawa Barat lainnya dengan mudah. Es ini cocok sekali diminum saat cuaca sedang panas, rasanya dingin menyegarkan. Sebenarnya bagimana cara membuat es Goyobod ini? nant kita akan bahas lengkap di sini.

Jika anda lewat ke kota bandung atau ke kota garut jangan lupa untuk mampir terlebih dahulu dan mencoba es yang satu ini agar perjalanan anda semakin fresh. Jika kepikiran anda ingin membuatnya di rumah anda, anda bisa ko membuatnya di rumah sesuai dengan resep di bawah ini. Kebetulan siang ini kami akan berbagi resep cara membuat es goyobod yang segar untuk anda sajikan di rumah.

Cara Membuat Es Goyobod Khas Bandung

Resep Lengkap Cara Membuat Es Goyobod Khas Bandung

Kalau dilihat dari cara membuat es goyobod, bisa dibilang es ini merupakan salah satu jenis es campur. Satu mangkok es biasanya diisi dengan kuah dingin yang terasa manis dan dicampur dengan berbagai bahan seperti alpukat, kelapa muda dan yang khas adalah jelly kenyal mirip cincau ataupun cendol.

Baca Juga =>  Ni Dia Cara Membuat Kolak Singkong Takjil Manis

Bahan Es Goyobod:

  • Tepung Hunkwee 50 gram
  • Santan encer 300 ml
  • Air 300 ml
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula merah 200 gram
  • Santan kental 300 ml
  • Kelapa muda 1 butir, kerok
  • Alpukat 1 buah, kerok
  • Es serut sesuai selera

Tips dan Cara Membuat Es Goyobod:

  1. Pertama-tama kita buat goyobod, ambil panci lalu panaskan tepung hunkwee dan santan encer. Rebus dan jangn lupa sesekali diaduk-aduk. Hal ini supaya tidak ada adonan yang menempel di dasar panci. Lanjutkan hingga mengental.
  2. Adonan diangkat dan di masukkan ke dalam loyang, kemudian anda diamkan dulu sampai mengeras. Sebaiknya tidak terlalu tebal agar lebih mudah dipotong. Setelah dingin, potong membentuk dadu/ sesuai selera.
  3. Bila ingin tampilan es goyobod lebih berwarna dapat menambahkan perasan air dari daun suji atau pandan atau pewarna khusus makanan. Kalau tanpa pewarna, hasilnya goyobod berwarna abu-abu kecoklatan.
  4. Selanjutnya siapkan kuah, panaskan air dan gula merah sampai mencair. Tambahkan daun pandan lalu aduk-aduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.
  5. Tinggal penyajian masukkan kelapa muda, alpukat dan jelly goyobod ke dalam gelas. Tambah es serut dan siram dengan kuah gula juga santan sesuai selera anda. Resep es goyobod telah selesai, siap disantap untuk menghilangkan rasa haus.
Baca Juga =>  Resep Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja Paling Nikmat

Kalau ingin merasa lebih kenyang bisa saja menambahkan pacar cina atau mutiara dan juga irisan roti tawar. Kita juga dapat menggunakan berbagai macam buah-buahan segar seperti melon, nangka, pepaya dll. Untuk dapat menambahkan rasa manis, kita bisa memakai susu kental. Kreasikan es goyobod ala kamu, mungkin saja bisa jadi lebih enak dari yang original.

Sejarah Dibalik Nikmatnya Es Goyobod

Es goyobod pertama kali diperkenalkan di Jakarta sekitar 1930-an namun kurang laku. Si penemu bernama Junaedi akhirnya hijrah ke Bandung, disana sang anak bernama Ucep berusaha menjual es Goyobod dengan resep yang sama pada tahun 1940-an.

Di Bandung es goyobod laris manis namun karena kejadian Bandung lautan api, kang Ucep harus pindah ke daerah Garut. Di tempat inilah es goyobod makin berkembang sampai sekarang, maka tidak heran salah satu jenis es campur ini lebih dikenal sebagai minuman dingin khas Garut. Salah satu warung favorit yang menyediakan menu es goyobod ada di dekat alun-alun kota Garut.