Cara Membuat Bakso Urat

Bakso adalah makanan yang digemari oleh banyak orang. Tidak peduli remaja, orang tua bahkan anak – anak. Bakso merupakan makanan yang ringan tapi juga mengenyangkan. Sehingga tidak dibutuhkan waktu – waktu tertentu untuk memakannya. Anda dapat menjadikan bakso sebagai menu makan siang, tapi Anda juga dapat menjadikan bakso sebagai camilan di kala hujan.

Hampir di setiap penjuru tempat kita jumpai penjual bakso. Karena selain cara membuatnya yang mudah, bakso juga memiliki penggemar yang cukup banyak. Sehingga banyak orang yang menjadikan makanan tersebut sebagai peluang bisnis mereka. Selain itu, bakso adalah makanan yang mudah untuk dikreasikan. Banyak macam – macam dari bakso seperti bakso ayam, bakso sapi, bakso urat, bakso goreng dan lain – lain.

Cara Membuat Bakso Urat

Cara Membuat Bakso Urat

Bakso urat merupakan salah satu dari banyaknya kreasi bakso yang sangat digemari. Bakso ini memiliki tekstur yang lebih kasar daripada bakso pada umumnya. Karena teksturnya yang kasar menjadikan sensasi tersendiri ketika memakannya. Selain bercita rasa gurih, bakso urat juga memiliki cita rasa daging yang tinggi karena bahan dasar pembuatannya tidak hanya daging melainkan juga urat yang teksturnya kenyal dan kasar.

Baca Juga =>  Cara Membuat Bakso Udang

Bahan dan Cara Membuat Bakso Urat

Bahan membuat Bakso Urat

Berikut adalah bahan – bahan lainnya yang dibutuhkan dalam pembuatan bakso urat:

  1. 100 gram urat sapi, potong kecil-kecil
  2. 1 kg daging sapi segar dan berurat
  3. ½ sdt merica bubuk
  4. 4 sdt garam
  5. ½ sdt polypowder
  6. 50 gram tepung tapioka
  7. 150 gram sagu aren
  8. 100 ml air es
  9. 4 sdm bawang goreng

Cara membuat Bakso Urat

Langkah – langkah dalam pembuatan bakso urat sebagai berikut:

  1. Berikan pukulan kepada daging sapi sebelum digiling agar daging menjadi lebih legit.
  2. Haluskan daging sapi dan urat sapi menggunakan blender/food processor dengan ditambahkan air es sedikit demi sedikit
  3. Setelah daging benar – benar halus, campurkan bersama dengan bumbu – bumbu yang telah disiapkan seperti garam, merica, bawang goreng, sagu aren dan tepung
  4. Apabila adonan dirasa masih terlalu kering, tambahkan dengan air es
  5. Letakan adonan yang sudah tercampur dengan rata ke dalam wadah
  6. Panaskan air ke dalam panci sampai mendidih
  7. Jika air sudah mendidih, buat bulatan bakso dengan alat atau secara manual dengan tangan. Sesuai dengan selera masing – masing
  8. Apabila dengan cara manual, caranya cukup dengan ambil adonan dengan tangan kiri sambil diremas. Adonan akan keluar melalui sela – sela ibu jari dan jari telunjuk. Selanjutnya ambil adonan tersebut dengan sendok makan dan celupkan ke air panas. Dengan sendirinya adonan tersebut terlepas dari sendok
  9. Ulangi sampai semua adonan habis
  10. Rebus adonan bakso urat dengan api yang sedang sampai mengapung
  11. Apabila sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
Baca Juga =>  Cara Membuat Bakso Tempe

Bahan Pelengkap

Tak lengkap rasanya jika hanya memakan bakso tanpa bahan pelengkap lainnya. Biasanya bakso disajikan bersama dengan kuah dan bahan – bahan lainnya. Bahan – bahan pelengkap untuk penyajian antara lain:

  • Kuah bakso
  • Seledri
  • Bawang goreng
  • Saos, sambal dan kecap
  • Bihun
  • Mie telor
  • Sawi
  • Tahu
  • Bumbu Kacang

Selain bahan – bahan di atas, Anda juga dapat menambahkan bahan pelengkap lainnya sesuai dengan selera masing – masing. Demikianlah cara membuat bakso urat. Cukup mudah bukan. Tidak perlu keluar rumah, Anda dapat membuatnya di rumah. Karena selain lebih ekonomis juga terjamin kebersihannya. Banyak resep-resep masakan lain yang juga dapat dicari dan dipelajari di web ini yang bisa dikombinasikan dengan bakso urat yang sudah jadi.