Cara Membuat Bakso Ayam

Tidak hanya beranekaragam akan suku dan budaya, Indonesia juga memiliki kuliner yang bermacam- macam. Salah satunya yaitu bakso yang sampai dikenal sampai ke penjuru negara lain. Warga negera lain yang pernah datang ke Indonesia banyak yang mengakui bakso sebagai makanan yang favorit.
Bakso tidak hanya dijual di beberapa kota saja, hampir di seluruh penjuru Indonesia banyak di temukan makanan bakso. Hal tersebut dikarenakan banyaknya penggemar makanan bakso. Tidak memandang muda atau tua, kaya atau miskin, pegawai atau pengangguran karena hampir semua kalangan menyukai makanan bakso.

Cara Membuat Bakso Ayam

Cara Membuat Bakso Ayam

Akan tetapi pada hakikatnya semua makanan entah itu disukai ataupun tidak, baik pada tubuh apabila tidak berlebihan, higienis dan terbebas dari zat – zat yang berbahaya bagi tubuh. Banyak kasus – kasus yang sedang marak terjadi tentang penambahan zat kimia ke dalam makanan agar menguntungkan bagi penjual makanan tersebut. Zat kimia seperti pengawet ditujukan agar ketika makanan yang dijual tidak habis, maka masih bisa dijual dihari berikutnya tanpa merugikan penjual. Contoh pengawet yang digunakan untuk pembuatan bakso yaitu boraks. Sedangkan mengkonsumsi boraks pada tubuh dapat menyebabkan kanker hati.

Baca Juga =>  Cara Membuat Bakso Tempe

Membuat bakso sendiri akan memastikan masakan anda terbebas dari bahan-bahan yang mungkin berbahaya… tapi kalau malas masak ya monggo dibeli saja. Ini cuma alternatif :-). Resep di bawah dikhususkan untuk ibu-ibu yang ingin masak bakso tetapi dagingnya bukan daging sapi melainkan daging ayam.

Bahan dan Cara Membuat Bakso Ayam

Bahan yang dibutuhkan:

  • Daging ayam bagian dada (700 gram)
  • Telur utuh (2 butir)
  • Lada bubuk putih (1 sdt)
  • Tepung (70 gram)
  • Bawang putih (4 siung)
  • Bawang merah goreng (1 sdm)
  • Garam (2 sdt)
  • Royco atau penyedap lainnya(1 sdt)

Cara membuat Bakso Ayam:

  1. Yang pertama, bersihkan terlebih dahulu ayam dan kemudian simpan ke dalam freezer selama 30 menit,
  2. Setelah disimpan selama 30 menit, potong – potong daging ayam agar mudah ketika akan dihaluskan,
  3. Haluskan secara bersamaan antara ayam, lada bubuk putih, bawang putih, bawang merah goreng, garam dan royco atau penyedap rasa lainnya.
  4. Adonan yang telah dihaluskan dicampur dengan tepung tapioka. Aduk – aduk hingga rata dengan menggunakan spatula.
  5. Setelah tercampur dengan rata, masukan kembali ke dalam freezer,
  6. Sambil menunggu adonan di dalam freezer, masak air sampai mendidih,
  7. Ambil adonan dan dicetak bulat dengan menggunakan tangan dan langsung dimasukan ke dalam air yang telah mendidih. Sebenarnya sekarang sudah banyak variasi dari bentuk bakso. Jadi dalam pembentukan bakso dapat dibentuk sesuai dengan selera dan kreasi masing – masing,
  8. Kemudian masak bakso sampai mengembang,
  9. Setelah mengembang pindahkan bakso tersebut ke kukusan agar lebih matang,
  10. Lalu siapkan kuah bakso menggunakan air kaldu tulang ayam atau sapi dengan beberapa bumbu seperti bawang putih, lada, garam dan bawang goreng,
  11. Bakso ayam siap disantap dengan kuah baksonya.
Baca Juga =>  Cara Membuat Bakso Balado

Cukup mudah bukan cara membuat bakso ayam. Selain harganya yang lebih murah, membuat sendiri dapat memastikan seluruh bahan yang dipakai aman untuk dikonsumsi. Karena dengan membuat sendiri pasti akan lebih terjamin kebersihan dan kualitas dari bahan yang digunakan. Sehingga akan baik dikonsumsi bagi tubuh kita.