Cara Bikin Kue Bikang Khas Jawa Timur

Jika kita lihat kue yang satu ini memiliki bentuk yang sangat cantik. Bentuknya menyerupai bunga yang sedang mekar. Belum lagi jika ditambahkan pewarna makanan yang berwarna warni, maka hasilnya akan semakin menarik. Namanya adalah kue Bikang. Kue Bikang ini memiliki rasa yang manis dan empuk. Dengan tampilan cantiknya membuat banyak orang yang penasaran dengan resep bikin kue Bikang yang asli dari Jawa Timur ini.

Jenis kue Bikang ini menjadi jajanan nikmat yang selalu menjadi makanan yang sering dijual di pasar- pasar tradisional. Akan tetapi jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, cara bikin kue Bikang akan kami sampaikan kepada anda semua dalam artikel kali ini.

Cara Bikin Kue Bikang Khas Jawa Timur

Cara Bikin Kue Bikang Manis Dan Empuk

Dalam membuat jajanan tradisional kue bikang ini bisa dibilang cukup mudah. Untuk bahan yang digunakan adalah tepung terigu, yang dikombinasi dengan tepung beras, sehingga teksturnya terasa lebih lembut dan lezat.

Dalam membuat kue bikang bunga mawar ini, anda bisa menambahkan beberapa pewarna sesuai selera anda, sehingga tampilan kuenya akan semakin cantik. mempunyai bentuk cantik merekah mirip dengan bunga mawar, menjadi salah satu bagian menarik juga ciri khas dari kue bikang ini. berikut, adalah ulasan menarik mengenai resep kue bikang dan cara untuk membuat kue bikang bunga mawar mekar, dan tentunya bisa anda coba sendiri dirumah.

Baca Juga =>  Resep Kue Pukis Si Manis Yang Lembut

Bahan Biang Kue Bikang

  • 2 sendok makan tepung beras
  • 150 ml santan kelapa

Daftar Bahan Kue Bikang

  • 340 gram tepung beras
  • kelapa parut secukupnya
  • 100 ml santan kelapa, untuk olesan
  • 50 gram tepung terigu
  • 1,5 sendok teh garam dapur
  • pewarna makanan, sesuai pilihan anda
  • 150 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Bikang Mekar dan Legit

Sampai sekarang jajan pasar tradisional tak pernah sepi peminat. Meskipun sekarang telah banyak beredar roti atau cake yang modern yang bermunculan, tapi tetap saja tidak ada yang bisa mengalahkan popularitas jajanan tradisional. Jawa menjadi pulau yang menghasilkan berbagai macam jajanan tradisional yang lezat dan masih diminati sampai sekarang. Salah satunya ya kue Bikang ini. Setelah kita mengetahui bahan- bahan yang diperlukan, sekarang saatnya kita lihat cara bikin kue Bikang ini step by step.

  1. Untuk membuat biang, masak tepung beras dengan santan sampai mendidih kemudian aduk-aduk sampai merata.
  2. Setelah bahan biang tercampur rata dan masih hangat kemudian masukan tepung terigu, tepung beras, garam dapur dan gula pasir, lalu aduk rata menggunakan sendok kayu hingga rata sambil di tepuk-tepuk.
  3. Bila aonan terasa hangat, selanjutnya bisa tuangkan santan kelapa dan diuleni selama 30 menit, tepuk-tepukan kembali adonan tersebut.
  4. Selanjutnya, ambil dua sendok makanan adonan dan beri pewarna sesuai selera anda hingga menjadi beberapa bagian, setelah semuanya rata lalu sisihkan.
  5. Cetakan kue bikang dipanaskan dan diolesi lebih dahulu dengan menggunakan santan kelapa dan tambahkan pula kelapa parut.
  6. Lalu tuang adonan tanpa warna kedalam cetakan sampai ukuran 3/4, lalu tuang lagi adonan yang berwarna, panggang hingga kue bikang memiliki pori-pori hingga kue mekar.
  7. Angkat lalu olesi kembali kue tadi dengan santan.
  8. Sekarang kue bikang sudah siap untukĀ  dinikmati.
Baca Juga =>  Cara Bikin Kue Wingko Babat Semarang

Rasa yang khas dari kue bikang membuat kita tak cukup hanya sekali menyantapnya. Kue bikang sangat cocok disajikan pada saat acara tertentu seperti sedang arisan, atau sedang kumpul keluarga. Jika kita bikin kue bikang sendiri menjadikannya lebih lezat apalagi menggunakan bahan-bahan yang sehat.