Resep Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja Paling Nikmat

Untuk para pengunjung kota Jogja, cobalah untuk berkunjung ke Jogja Selatan yaitu kawasan Bantul. Di kabupaten ini Anda bisa menjumpai aneka makanan lezat dan juga unik. Diantaranya yaitu mie lethek, sate klatak, mangut lele, , sambel welut, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain berbagai macam olahan makanan, minuman yang sangat unik dengan sensasi rasa asyik pun bisa Anda temui, salah satunya adalah wedang uwuh ini yang berasal dari Imogiri. Wedang Uwuh termasuk jenis minuman hangat khas Jogja yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. Bahan bakunya yaitu aneka dedaunan dan rempah. Sehingga membuat tampilan minuman ini seperti sampah yang diseduh.

Jika bahasa Jawa, uwuh itu artinya sampah, dengan begitu wedang uwuh diartikan sebagai wedang sampah.Tapi jangan mengira minuman ini terbuat dari sampah, sebab ini hanya untuk istilah saja. Cobalah satu tegukan, pastinya Anda akan terkesan dengan rasa minuman ini. Wedang uwuh ini bahannya terdiri atas berbagai jenis herbal seperti jahe, secang, kayu manis, sereh. Ada juga daun jeruk, dan dedaunan yang lain. Ketika bahan tersebut diseduh, sisa ampas atau bahan-bahan minuman ini memang terlihat seperti sampah. Maka dari itulah minuman ini diberi nama wedang uwuh. Ada juga yang menjelaskan jika nama wedang uwuh ini diperoleh dari para abdi dalem yang telah mengumpulkan aneka dedaunan di area kompleks makam raja-raja Imogiri guna diseduh sebagai minuman.

Baca Juga =>  Cara Membuat Sekoteng Jahe Hangat dan Nikmat

Resep Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja Paling Nikmat

Resep Wedang Uwuh

Apabila pada umumnya aneka dedaunan itu menjadi sampahtidak bermanfaat, maka sekarang ini bisa disulap menjadi minuman yang nikmat. Dan berikut ini merupakan resep wedang uwuh yang wajib anda coba.

Bahan bahan:

  • 1 ruas Jahe
  • Kayu manis secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 5 buah cengkeh
  • 1 batang Serai
  • Lengkuas secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat:

  • Pertama anda harus mebus air bersama dengan gula terlebih dahulu.
  • Setelah airnya mendidih, masukkan semua bahan, biarkan sampai mendidih dan air rebusan mengeluarkan aroma rempah.
  • Matikan api, angkat dan Wedang Uwuh telah siap disajikan.

Seduhan wedang uwuh warnanya merah. Warna itu dihasilkan dari serutan secang. Kemudian untuk rasanya termasuk kombinasi antara pedas jahe, manis gula batu, dan percampuran beraneka tanaman herbal yang lain. Minuman khas ini pas sekali jika diminum di saat malam atau di kala hujan. Tak hanya hangat di tenggorokan, wedang uwuh juga bisa menghangatkan badan kita.

Khasiat Wedang Uwuh

Bahan dasarnya yang terdiri dari rempah dan dedaunan herbal membuat wedang uwuh berkhasiat bagi kesehatan. Kandungan lain yang ada pada wedang uwuh selain jahe yaitu kayu manis. Kayu manis bisa menjadikan rasa dari minuman herbal ini menjadi semakin nikmat. Kayu manis terdapat zat antioksidan yang sangat tinggi, yang mana bisa menangkal parahnya radikal bebas.Selain itu, kandungan ini juga bisa menjadikan kulit menjadi lebih awet muda dan mengatasi masalah perut.

Baca Juga =>  Resep Wedang Angsle Minuman Khas Malang

Untuk menikmati secangkir wedang uwuh, anda bisa mengujungi ke kawasan Imogiri. Di Kompleks Makam Raja-raja Imogiri sudah banyak penjual wedang uwuh. Pegunjung juga dapat menjadikan minuman ini untuk oleh-oleh. Ketika berada di rumah, wisatawan tinggal menyeduh aneka dedaunan yang telah dikemas. Minum saat masih hangat. Dengan mengonsumsi wedang uwuh badan bisa menjadi lebih segar. Selain itu, wedang uwuh juga dapat menjadikan tubuh lebih bersemangat di dalam melakukan aktivitas yang perlu konsentrasi tinggi. Wedang uwuh pas dinikmati saat musim penghujan. Selamat mencoba.