Resep Wedang Bajigur Khas Jawa Barat Paling Nikmat

Ketika kondisi cuaca sedang dingin, hal yang paling paling nikmat dilakukan yaitu mengkonsumsi yang hangat-hangat seperti halnya wedang bajigur. Wedang bajigur adalah jeis minuman tradisional yang khas dari Indonesia. Minuman hangat wedang Bajigur ini adalah minuman tradisional khas Jawa Barat terutama di daerah Bandung. Apabila Anda sedang berkunjung ke Bandung, pasti selalu ada tempat-tempat yang menjual minuman khas dari sunda ini. Minuman ini juga pas sekali jika disajikan pada saat musim penghujan. Sebab wedang bajigur ini bisa menghangatkan tubuh kita. Minuman yang satu ini berbeda dengan wedang bandrek yang tebuat dari jahe, sebab wedang bajigur ini tebuat dari bahan dasar yaitu berupa santan, gula merah atau gula jawa dan kopi hitam yang menjadikan minuman ini semakin nikmat.

Selain Air santan, jahe, yang diberi garam, santan, dalam wedang bajigur juga ditambahkan bubuk vanili sebagai pencetus aroma wanginya yang sangat menggoda penikmatnya ini. Sama halnya dengan minuman tradisional lainnya yaitu wedang jahe, wedang bandrek, wedang ronde dan juga wedang uwuh. Bajigur merupakan minuman hangat yang pas sekali apabila dihidangkan ketika malam hari yang dingin atau sedang dalam kondidi hujan. Meskipun secara instan telah banyak dijual, akan tetapi rasa dari sajian alami pastinya lebih berasa sensasi nikmatnya.

Baca Juga =>  Resep Es Selendang Mayang Segar Khas Betawi

Resep Wedang Bajigur Khas Jawa Barat

Resep Wedang Bajigur Khas Jawa Barat Paling Nikmat

Bahan untuk membuat Resep Wedang Bajigur

• 1 cm ruas jahe bakar, selanjutnya bersihkan kulitnya
• 1½ liter santan dari 1 butir kelapa
• 3 cm kayu manis
• 260 gram gula merah yang telah disisir
• 2 lembar daun pandan, lalu simpulkan
• 1 sdm kopi bubuk
• 1 sdm gula pasir
• ½ sdt garam
• Kolang-kaling secukupnya, iris potongan kecil

Cara membuat resep wedang bajigur :

1. Siapkan panci yang akan digunakan untuk merebus santan, selanjutnya tambahkan daun pandan, gula merah, dan juga gula pasir. Aduk hingga merata dan perlahan supaya santan tidak mudah pecah.
2. Tambahkan bahan seperti jahe, kayu manis, kopi bubuk, dan garam. Penambahan cita rasa boleh juga ditambahkan dengan irisan kolang-kaling. Aduk dan masak sampai bahan tadi mendidih.
3. Diamkan sebentar sampai kopi mengendap, setelah itu anda bisa angkat. Tuangkan wedang bajigur pada gelas sambil disaring.
4. Wedang Bajigur siap disajikan dan dinikmati selagi hangat.

Baca Juga =>  Resep Es Dawet Ayu Segar dan Nikmat

Minuman tradisional yang khas dari Jawa barat ini biasanya banyak dijual belikan oleh para pedagang minuman yang umumnya berada di warung-warung kopi pinggir jalan. Minuman hangat ini pastinya sudah sangat terkenal dan juga sudah banyak orang yang mengetahuinya. Tak hanya memiliki citarasa manis yang pas, minuman ini juga sangat pas jika dinikmati ketika cuaca sedang dingin. Selain itu, minuman tradisional ini juga bisa dijadikan sebagai minuman hangat di saat pagi hari yang dipadukan dengan berbagai macam kue atau gorengan yang hangat juga.

Citarasa dan aromanya yang khas bisa menjadikan para penikmatnya betah berlama-lama menikmati minuman ini sambil asyik mengobrol ketika sore hari atau kapan saja. Anda pun juga dapat membuat resep wedang bajigur khas jawa barat ini ketika malam hari supaya badan terasa bugar setelah menjalankan aktivitas seharian penuh. Agar rasanya lebih segar dan khas, maka jangan lupa pilih dan gunakan bahan yang masih fresh agar menghasilkan wedang yang enak dan juga bisa mengeluarkan aroma khas dari wedang bajigur. Selamat mencoba membuat resep minuman tradisional ini, semoga bermanfaat bagi anda semua.