Resep Membuat Kue Geplak Khas Jogja Paling Nikmat

Yogakarta termasuk daerah istimewa yang punya berbagai macam makanan khas dan juga sudah dinilai ledendaris. Salah satu kuliner yang sangat popular dan sudah melegendaris di kota Jogja ini adalah Gudeg Jogja. Selain gudeg masih ada lagi yang dari jenis kue misalnya, daerah Bantul yang termasuk salah satu daerah di Jogja ini memiliki hidangan tradisional yang bernama kue geplak. Rasanya manis serta tampilanya bisa dikatakan sangat menarik perhatian. Komposisinya yaitu berupa campuran dari tepung beras, parutan kelapa serta dari air gula. Kemudian untuk tampilan uniknya yaitu disebabkan oleh campuran pewarna makanan dalam pembuatan adonannya. Dengan demikian akan menghasilkan kue geplak yang cantik dan warna-warni.

Geplak merupakan salah satu makanan khas Jogja yang pada umumnya dijadikan sebagai oleh-oleh yang khas. Makanan khas yang punya rasa yang sangat manis ini berasal dari Kabupatan Bantul, sebelah selatan Kota Yogyakarta. Kuliner khas kue geplak ini telah menjadi karakter daerah jogja. Sebab jenis kue ini sering sekali menjadi salah satu destinai oleh-oleh untuk para pengunjung yang sudah jalan-jalan di sekitar kawasan jogja. Setiap toko jajanan serta pusat oleh-oleh tentu saja akan menghadirkan kue geplak yang unik dan lezat ini.

Baca Juga =>  Resep Kue Apem Jawa Goreng Maknyus

Resep Membuat Kue Geplak Khas Jogja

Resep Membuat Kue Geplak Khas Jogja Paling Nikmat

Bahan Membuat Geplak

  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula pasir
  • 1 gelas air yang telah matang
  • 1 butir kelapa yang telah diparut memanjang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Geplak

  • Terlebih dahulu anda sangrai tepung beras hingga kering, sesudah itu tambahkan kelapa parut dan aduk hingga kedua bahan tersebut bisa tercampur rata, kemudian sisihkan.
  • Rebus gula serta air hingga mendidih dengan memakai tempat yang berbeda, aduk hingga gula tersebut bisa larut semua selanjutnya angkat.
  • Setelah itu masukkan ke dalam campuran kelapa dan juga tepung beras, selanjutnya aduk dengan cepat hingga seluruh bahan tercampur rata dan teksturnya sudah saling lengket dan juga sudah mengental.
  • Apabila telah yakin tercampur dengan merata, matikan api dan anda bisa mulai membentuk geplak.
  • Ambilah sedikit adonan, selanjutnya anda bisa bentuk bulat yang besarnya kurang lebih seperti bola ping-pong.
  • Setelah itu anda bisa menyisihkan adonan yang telah dibentuk dan diamkan hingga mengeras.
  • Kue geplak khas Jogja siap disajikan.
Baca Juga =>  Resep Kue Putu Tegal Makanan Khas Dari Tegal

Di berbagai macam daerah lainnya, makanan ini juga memiliki nama istilah yanglain, misalnya saja seperti pada makanan betawi yang tampak mirip, akan tetapi menggunakan tambahan campuran yang berupa tepung beras serta ditambahi dengan daun jeruk purut. Beberapa geplak juga ada yang dimasak dengan menggunakan bahan waluh. Biasanay kue geplak mudah ditemukan di kota asalanya yaitu di Bantul ataupun di Yogyakarta. Sebab untuk jenis makanan ini juga sering dijajakan sebagai kue rumah tangga. Meskipun kue ini berasal dariSleman yogyakarta, akan tetapi Anda dapat menjumpai jenis makanan ini hingga ke beberapa kota lainya di luar jawa. Karena mengingat makanan ini juga sudah menyebar dan juga cukup terkenal di Indonesia.

Keunikan lain dari geplak yang cukup menarik perhatiannya yaitu kemasan kue geplak yang diciptakan dari anyaman bambu yang disebut dengan besek. Rasa manis dari geplak ini pasti akan sangat disukai, terlebih lagi oleh anak-anak. Jadi jika anda berkunjung ke kota Jogja, Anda juga wajib membeli makanan khas ini untuk dijadikan oleh-oleh yang dapat Anda beli di berbagai toko kue di kota Jogja. Makanan ini bisa awet sampai beberapa hari.