Resep Kue Talam Jagung Manis Lezat dan Mudah Dibuat

Banyak orang suka membuat kue basah yang rasanya manis dan lembut seperti kue talam. Kue talam memang memiliki tekstur yang lembut dan juga halus. dan ini menjadikan kuliner kue ini banyak disukai oleh banyak orang di berbagai kalangan. Kue talam ternyata dapat divariasikan menggunakan berbagai macam buah atau dengan bahan lain. Tujuannya supaya lebih menambah cita rasa dan juga supaya lebih banyak menarik peminat dari kuliner kue talam ini. Salah satu kreasi dari kue talam yaitu resep kue talam jagung manis dan nikmat.

Sesungguhnya kue talam ini merupakan kue khas Thailand yang populer dengan nama kue tako-tako atau kue talam tako. Mungkin jika anda sudah pernah makan atau menyantap kue ini, rasanya akan terasa manis dan gurih, citarasa ini lah yang menjadikan kue ini tetap eksis. Kue ini juga dapat dijumpai di rumah-rumah makan maupun di restoran untuk dijadikan makanan pencuci mulut. Akan tetapi apabila anda hendak mendapatkan kue ini, sebebarnya tak harus repot-repot berkunjung ke restoran, sebab anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah.

Baca Juga =>  Resep Kue Akar Kelapa Camilan Gurih Dan Renyah

Resep Kue Talam Jagung Manis Lezat dan Mudah Dibuat

Resep Kue talam Jagung

Apabila Anda ingin mencoba membuat kue talam jagung manis ini dirumah sendiri tapi belum mengetahui resepny, maka jangan khawatir karena disini akan dituliskan resep dan cara membuat kue talam.

Bisanya untuk membuat kue talam bisa memakai tepung beras, tapi kali ini akan menggunakan tepung maizena dan tepung kacang hijau (tepung hunkwe) yang kandungan seratnya cukup banyak.

Bahan bahan:

  • 40 gram tepung maizena
  • 200 gram tepung kacang hijau atau tepung hunkwe
  • 460 gram jagung manis
  • 800 ml santan
  • 400 gram gula pasir
  • 2 sdt Garam
  • Siapkan beberapa lembar daun pandan yang lebar untuk digunakan membuat takir

Cara membuat Kue Talam Jagung Manis:

  • Campur bahan bahan seperti halnya tepung maizena, jagung manis, tepung kacang hijau atau tepung hunkue, gula pasir , santan dan juga garam.
  • Lalu aduk-aduk sampai gula menjadi larut.
  • Panaskan di atas api sedang sambil diaduk sampai adonan menjadi mengental. Lalu angkat.
  • Setelah itu masukkan sesendok adonan pada dalam takir daun pandan yang telah dibuat sebelumnya.
  • Ratakan dan dinginkan. Buatlah sampai adonan habis.
  • Sajikan setelah dingin dan dalam keadaan mengeras. Sebab kue talam jagung manis ini akan enak dinikmati dalam kondisi dingin
Baca Juga =>  Cara Bikin Kue Wingko Babat Semarang

Pada dasarnya, bahan baku kue talam yang sesungguhnya adalah ubi. Akan tetapi sekarang ini kita banyak menemukan di resep-resep lain yaitu dengan menggunakan bahan selain ubi.Akan tetapi, semakin berkembangnya kuliner kue talam ini, maka semakin banyak juga variasi – variasi yang telah dihasilkan. Variasi yang pada umumnya sering digunakan yaitu kentang, singkong, wortel, jagung, dan lain sebagainya.Terkadang, ada juga yang memakai variasi dengan tape, durian, nangka, ebi, serta masih banyak yang lainnya yang dapat kita jumpai. Meskipun banyak beragam rasa dan juga variasinya, bahan dasar yang harus selalu digunakan dalam membuat kue talam ini adalah Santan.

Sebab bahannya yang terbuat dari santan, maka kue talam ini tak bisa bertahan lebih dari satu hari. Tapi memang untuk kue talam ini dibuat untuk dimakan hari itu juga. Sebaiknya simpan kue talam ini pada tempat yang sejuk, hindari juga dari terik panas matahari. Sebab sinar matahari bisa menyebabkan kue talam jadi cepat pendek usianya. Meskipun kenyataannya seperti itu, kue talam ini kjuga memiliki daya tarik sendiri yang begitu nikmat saat dikonsumsi.