Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Jawa Timur

Masyarakat yang ada di Indonesia tergolong dalam populasi yang paling banyak konsumsi hewan dengan jenis unggas. Misalnya saja ayam, hal ini karena telah banyak sekali varian masakan yang bisa diolah dari bahan utama daging ayam. Misalnya saja menu masakan ayam bumbu bacem atau ayam bakar dengan tambahan pelengkap seperti lalapan dan sambal segar, saus kecap dan lainnya. Sehingga tak heran jika masakan ini termasuk dalam kategori masakan dengan banyak penggemar. Hal ini terlihat dengan banyak sekali para pelaku usaha dunia kuliner yang mempromosikan menu andalan mereka yaitu menu ayam bakar special. Salah satunya adalah resep ayam bakar bumbu rujak.

Membuat ayam bakar memang bisa dibilang gampang gampang susah kalau tidak mengerti dengan benar cara bakar ayam yang akan dimasak. Bagi sebagian orang, ayam bakar lebih disukai dibandingkan ikan bakar, ayam goreng dan juga resep ayam lainnya.  Kali ini kita akan buat resep ayam bakar bumbu rujak.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Jawa Timur

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Lengkap

Jika kita perhatikan tampilannya, resep ayam bakar bumbu rujak mirip sekali dengan ayam bumbu bali yang dibakar. Sebab dari keduanya didominasi warna merah dari bahan buah cabai yang digunakan. Namun citarasa ayam bakar bumbu rujak setelah matang akan ini lebih terasa enak dan lebih gurih juga manis karena bumbu ayam bakar memang lebih komplit. Disamping itu kita juga memakai santan kental dan dicampur air kelapa sehingga aroma gurihnya tercium meski belum mencicipinya.

Baca Juga =>  Resep Ayam Taliwang Khas Lombok Paling Gurih

Dalam resep ayam bakar bumbu rujak ini disarankan untuk memakai ayam pejantan atau juga bisa ayam kampung.Sebab dagingnya akan terasa lebih gurih. Teman teman tidak perlu takut dagingnya nanti terasa alot karena sudah direbus sebelum dibakar. Jika anda mau, ayam potong bisa juga dipakai untuk membuat resep ayam bakar bumbu rujak ini. Hanya nanti kaldu ayamnya ditambah jumlahnya agar tetap gurih alami.

Bahan dan bumbu

  • Daging Ayam 1 Ekor
  • Bawang merah secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Daun Jeruk secukupnya
  • Kemiri secukupnya
  • Lengkuas secukupnya
  • Serai secukupnya
  • Cabe Keriting merah secukupnya
  • Asam Jawa secukupnya
  • Jeruk Nipis secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara membuat ayam bakar bumbu rujak

  1. Buang daleman daging ayam, bulu dan kuku-kukunya. Cuci sampai bersih dan tiriskan.
  2. Selanjutnya lumuri danging dengan air jeruk nipis juga garam, kemudian bakar daging ayam di atas bara api hingga setengah matang.
  3. Bumbu halus dihaluskan kemudian ditumis hingga harum.
  4.  Dalam tumisan bumbu ditambahkan ayam yang dibakar setengah matang. Lalu anda masak hingga bumbu tercampur danging dan meresap sampai matang.
  5. Terakhir, tambahkan air asam jawa, garam dan merica. Jika dirasa bumbu sudah pas dan matang. Amgkat dan sajikan.
Baca Juga =>  Resep Ayam Bumbu Bacem Super Lezat

Jika anda membakar ayam seperti diatas dan sering- sering diolesi bumbu, maka citarasa resep ayam bakar bumbu rujak akan lebih nikmat dan legit untuk disantap. Pelengkapnya adalah nasi putih yang masih hangat serta lalapan sayuran seperti mentimun, daun kemangi. Resep ayam bakar pas sekali untuk anda yang biasanya sudah bosan dengan resep ayam itu itu saja. Sebelum dipakai, sebaiknya ayam terlebih dahulu direbus sebentar sehingga kita memperoleh air kaldu ayam yang dapat digunakan untuk membuat sup ayam atau masakan ayam yang lain (hanya apabila menggunakan ayam kampung karena ayam potong kaldunya kurang terasa enak).