Resep Ayam Angkak Sawi Asin Sederhana dan Nikmat

Ayam Angkak termasuk dari salah satujenis masakan atau kuliner yang termasuk kuliner khas dari orang Cina. Pada umumnya untuk cara pembuatannya ini akan dilakukan dengan cara merebus. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang makanan angkak ini. Angkak atau juga biasa disebut dengan beras merah Cina termasuk dari sejenis cendawan yang berwarna sedikit kemerahan yang dinamakan dengan Monascus purpureus. Angkak sendiri juga sudah banyak digunakan untuk nerbagai menu masakan yang ada di China.

Bumbu angkak ini sebenarnya terbuat dari bahan alami yaitu dari beras ketan yang telah difermentasikan yang selanjutnya melalui proses di keringkan. Warnanya memang tampak kemerahan dan juga terlihat sedikit agak kusam.Oleh sebab itu akan sangat baik sekali apabila digunakan juga untuk memberikan warna merah yang alami pada berbagai macam masakan dengan cara menghaluskan angkak tersebut bersama dengan bumbu yang lainnya. Ciri khas dari angkak yaitu memiliki tekstur yang basah, bentuknya hampir serupa dengan tapai ketan, akan tetapi warnanya sedikit kemerahan, sedikit berair dan pada umumnya banyak dijual dalam kemasan botol.

Baca Juga =>  Resep Sayur Sop Ayam Sederhana

Resep Ayam Angkak Sawi Asin Sederhana dan Nikmat

Resep Ayam Angak Sawi Asin

Salah satu contoh cara mengolah atau memasak angkak untuk dijadikan masakan khas indonesia yaitu dengan resep ayam angkak yang nantinya kan dipadukan dengan sayuran. Bumbu Angkak juga begitu bermanfaat di dalam menambahkan aroma yang segar dan warna merah alami pada daging ayam yang nantinya akan dimasak. Angkak basah cita rasanya juga sangat enak,terlebih lagi apabila langsung ditumis dengan tahu dan juga bersama sayuran segar. Kemudian untuk angkak kering baiknya dicampur bersama dengan bahan lain, Selanjutnya masak sampai lunak dan berwarna kemerahan.

Bahan dan bumbu yang di butuhkan

  • 1 potong ayam bagian dada, potong dengan bentuk persegi bersama dengan kulitnya juga
  • 3 siung bawang putih yang telah di memarkan
  • 1 sendok teh cuka beras
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • 2 cm jahe yang telah dimemarkan
  • 1 liter air mineral
  • 1 sendok makan angkak, siram menggunakan air yang telah mendidih sebanyak 100 ml, disaring
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1 buah tahu, potong bentuk persegi atau yang sesuai selera, goreng
  • 15 gram sawi asin, potong-potong sesuai dengan selera
Baca Juga =>  Resep Masakan Rawon Setan Jawa Timur

Cara memasak ayam angkak sawi asin

  1. Terlebih dahulu panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih dan jahe sampai tercium aroma yang harum. Masukkan daging ayam, kemudian aduk sampai berubah warna
  2. Setelah itu letakkan beras merah pada sebuah wadah.
  3. Siramlah dengan menggunakan air mendidih, aduk-aduk.
  4. Saring dengan menggunakan saringan kawat. Masukkan air beras merah ke dalam tumisan daging ayam hingga air rebusan daging ayam tersebut berubah menjadi berwarna kemerahan.
  5. Tambahkan kecap asin, guka pasir dan juga tambahkan cuka beras
  6. Masukkan sawi dan tahu goreng, anda masih perlu mendidihkan sekali lagi, angkat dan sajikan selagi masih dalam keadaan hangat.

Menu makanan ayam angkak ini cita rasanya memang sangat lezat dan nikmat. Ayam angkak bisa anda jadikan sebagai lauk sehari hari jika anda sudah bosan dengan menu masakan ayam yang lainnya. Selain rasanya nikmat, makanan ini juga banyak terdapat kandungan gizinya. Warnanya yang merah terbuat dari bahan alami yang juga sangat menyehatkan. Menikmati ayam angkak ini enak sekali jika disajikan bersama dengan nasi hangat dan dinikmati bersama keluarga tercinta anda di rumah.