Cara Bikin Semur Daging Khas Solo Paling Lezat

Siapa yang tak tahu masakan satu ini. Ya, semur daging yang menjadi makanan favorit hampir semua masyarakat yang ada di daerah Jawa Tengah dan juga daerah lainnya. Bahan utama yang sering digunakan untuk membuat semur daging ini biasanya adalah daging sapi. Diolah dengan bumbu kecap menghasilkan warna coklat gelap di bagian kuahnya. Di daerah Solo sendiri, semur daging dimasak dengan menggunakan cara yang unik. Nah, bagaimana cara bikin semur daging khas Solo ini?

Cara bikin semur daging khas Solo ini menggunakan bumbu- bumbu yang lebih simpel daripada resep semur daging yang ada di Jogja. Menggunakan teknik memasak yang dibilang unik. Yaitu daging sapi direndam ke dalam bumbu- bumbu seperti garam, kecap manis dan pala bubuk. Kemudian dimasukkan ke dalam kulkas dalam waktu yang agak lama. Hal ini dilakukan agar bumbunya bisa meresap sempurna saat dimasak.

Cara Bikin Semur Daging Khas Solo Paling Lezat

Ini Dia Cara Bikin Semur Daging Khas Solo

Olahan semur daging ini memiliki rasa yang mirip dengan bistik. Dan masakan ini sering juga disebut dengan bistik ala Solo. Penasaran bukan bagaimana cara untuk mengolahnya? Lantas apa saja bahan dan bumbu yang harus kita siapkan? Di bawah ini kami sudah siapkan resep lengkap cara bikin semur daging khas Solo yang pasti empuk dan lezat.

Baca Juga =>  Resep Masakan Rawon Setan Jawa Timur

Bahan bahan:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 5 butir bawang merah diiris tipis
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 1.000 ml air
  • 3 sendok makan Kecap Manis
  • 3 sendok teh kecap inggris
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh lada putih bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 3 sendok makan margarin, untuk menumis

Bumbu perendam

  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan Kecap Manis Bango

Cara memasak semur daging khas Solo

  1. Mula mula Lumuri daging dengan bumbu perendam. Diamkan 1 jam dalam lemari es.
  2. Lalu panaskan margarin, masukkan daging. Aduk hingga berubah warna. Angkat lalu potong-potong.
  3. Kemudian Panaskan sisa margarin. Masukkan bawang merah dan tomat. Aduk sampai layu. Tambahkan air. Rebus hingga mendidih.
  4. Masukkan potongan daging. Tambahkan Kecap Manis, kecap inggris, garam, lada putih bubuk, dan pala bubuk. Rebus sampai empuk dan bumbu meresap. jika dirasa sudah pas rasanya silakan angkat.
  5. Sajikan dengan pelengkapnya.

Perbedaan Semur Daging Tiap Daerah

Semur merupakan warisan kuliner nusantara dengan citarasa khas asli Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki warisan semur yang disajikan berbeda meski rasanya cenderung identik, dengan bumbu kecap manis yang khas. Semur Betawi punya histori dan disajikan berbeda dengan semur dari Palembang, juga semur Samarinda. Kenali bedanya.

Baca Juga =>  Resep Mie Kocok Bandung Paling Enak

Selain perbedaan beberapa bumbu, semur di ketiga daerah ini juga disajikan dalam kesempatan berbeda. Belum lagi perbedaan pilihan daging dan makanan pendampingnya. Soal citarasa, semur identik dengan rasa manis. Namun, setiap daerah punya citarasa khas. Kekhasan ini juga dipengaruhi selera masing-masing daerah yang berbeda.

Di antara berbagai perbedaan semur di setiap daerah, terdapat kesamaan. Hampir di semua daerah, semur dimasak dengan cara tradisional dan waktu yang lama, mulai 1,5-5 jam tergantung jumlah dagingnya. Penggunaan bumbu semur ketiga daerah ini ada kesamaannya. Seperti pala, bawang merah, kecap manis, cengkeh,  merica, dan garam. Selebihnya, setiap daerah menggunakan pilihan bumbu masing-masing.

Bagaimana? gampang sekali bukan resep tentang Semur Khas Solo ini? anda dapat mencoba membuatnya sendiri. Sajian spesial ini sepertinya cocok banget untuk makan siang bersama keluarga.